05 Maret 2010

MUSTAHIL PD "CERAIKAN" PARTAI KOALISI

Pasca berakhirnya masa kerja Pansus Angket Century yang berakhir dengan paripurna DPR yang memilih opsi C,muncul spekulasi-spekulasi terkait nasib partai koalisi yang terkesan "nakal" akan di depak dari komposisi koalisai SBY.partai politik seperti Golkar dan PKS dan juga PPP yang pada detik-detik terakhirnya memilih untuk menyatakan bahwa telah terjadi pelanggaran dalam bailout Century di nilai oleh sebagian besar pengamat politik akan menjadi bumerang bagi dirinya sendiri.Hal ini didasarkan dari beberapa pernyataan pimpinan PArtai Demokrat yang seolah "mengintimidasi"partai koalisi untuk sependapat dengan Demokrat.

Namun menurut saya mustahil bagi partai Demokrat berani untuk "menceraikan" partai-partai Koalisi seperti Golkar dan PKS,sebab bagaimanapun Demokrat membutuhkan dua Partai ini untuk mengawal; pememrintahanya sampai dengan 2014 nanti.SBY bukanlah orang yang gegabah dalam mengambil keputusan ia di kenal cermat dan hati-hati tentu dia sudah mengukur baik dan butuknya apabila ia mendepak PKS dan Golkar dari koalisi.SBY menilai,berkoalisi saja PKS dan Golkar sudah "galak"apalagi apabila mereka di depak dari koalisi tentu akan semakin menjadi,hal itu tentunya disadari benar oleh SBY sebagai nakhoda koalisi.Ia tidak mau menceburkan diri ke laut.
Sikap kritis Golkar dan PKS telah membuat SBY dilema dalam mengambil keputusan disisi lain ia ingin pemerintahanya di dukung parlemen tapi juga ia sulit apabila sering di kritik oleh partai koalisi,namun pada akhirnya Demokrat dan SBY mustahil mendepak Golkar dan PKS sebab ia punya itung-itungan matang daripada semakin di "jaili" PKS dan Golkar apabila mereka di depak,lebih baik sedikit di gigit tapi tak terlalu sakit .

1 KOMENTAR:

  1. dunia politik yang semakin garang dan dinamis dan tentu saja juga sangat berbahaya adalah hal yang tidak bisa dihindari. Namun politik bisa juga berdampak baik, itu tergantung niat dari pelaku politik itu sendiri. semoga saja pertanda baik untuk negeri ini semakin bagus..

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

   

About