21 April 2009

10 YANG TERMASUK DOSA BESAR

Dalam kehidupan sehari-hari hendaknya kita menghindarkan diri dari berbuat dosa,baik dosa besar maupun dosa kecil,sebab besar ataupun kecil dosa yang kita perbuat harus kita pertanggungjawabkan dihadapan Allah Swt.Ada 10 dosa yang termasuk kedalam kategori dosa besar yaitu:
  1. Berbuat Musyrik terhadap Allah Swt,artinya menduakan Allah denagn makhlukNya.mempercayai adanya kekuatan selain Allah swt
  2. Meninggalkan Shalat.Shalat merupakan kewajiban yang telah ditentukan waktunya,bagi setiap orang yang beriman kepada Sang pencipta.
  3. Durhaka terhadap orang tua.Allah mewajibkan hambanya untuk senantiasa hormat dan patuh terhadap orang tua,selama perintah orang tua tidak melenceng dari ajaran Islam.
  4. Berzina.Berzina baik bagi mereka yang sudah berkeluarga maupun belum hukumnya merupakan dosa besar.Allah melarang perbuatan zina ini semata-mata demi kehormatan martabat manusia sebagai makhluk yang sempurna.
  5. Memakan harta haram.Harta yang didapatkan dengan cara yang tidak dibenarkan oleh syariat Islam merupakan harta yang haram dan sebagai orang muslim dilarang menggunakannya.
  6. Minum-minuman keras(Miras).Meminum minuman yang dapat membuat mabuk sehingga tidak sadar itu diharamkan oleh Agama,sebab hal ini akan menimbulkan efek lain yang tidak diharapkan.Seperti pemerkosaan,pencurian dan lain sebagainya.
  7. Memutuskan Tali silaturahmi.Islam sebagai agama yan g menjunjungtinggi perdamaian sangat melarang umatnya berselisih sehingga saling bermusuhan>islam menganjurkan pemeluknya untuk memelihara kerukunan antar sesama baik seagama,maupun dengan penganut agama selain Islam.
  8. Berbohong/saksi palsu.Berbohong atau bersaksi palusu alias tidak benar terlebih lagi untuk membuat orang lain tertuduh merupakan perbuatan yang teramat dibenci Allah swt.Islam merupakan agama sempurna yang mengatur segala lini kehidupan manusia.Mak islam melarang umatnya saling merugikan orang lain hanya karena kebohongan atu dengan kesaksian palsunya.
  9. Kikir.Sebagai agama yang berkasih sayang Islam mengajarkan kepada pemeluknya untuk saling berkasih sayang dengan saling bantu-membantu terhadap orang lain.
  10. Bergunjing.Menggunjingkan orang lain apalagi terhadap hal yang orang tersebut tidak lakuakn merupakan perbuatan nista yang dibenci Allah Swt.
Semoga kita terhindar dari perbuatan yang dapat membuat Allah murka terhadap kita.Hanya kepadaNya-lah kita berserah atas apa yang terjadi kepada kita.

0 KOMENTAR:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

   

About