12 Juni 2009

AGAR SEKOLAH MENJADI UNGGULAN

Sekolah unggulan?huh tentu semua orang ingin manjadikan sekolahnya unggulan,atau orang tua siswa pun -bahkan siswanya pun ingin sekolah di sekolah unggulan betul kan?yup(kira2 begitu lah....)Namun dalam prakteknya untuk menjadikan sebuah sekolah itu unggulan ternyata tidak semudah membalikan telapak tangan,sebab banyak hal yang mesti di lakukan oleh sekolah itu sendiri.Namun kiranya kita jangan pesimistis dahulu,mudah-mudahan apa yang akan saya uraikan bisa membuat sekolah anda unggulan dan dijadikan bahan rujukan oleh semua orang yang akan menyekolahkan anaknya


Sebetulnya ungulan adalah merupakan terjemahan bebas sekolah efektif"Effective School is a school that can, in measured student achievement terms, demonstrate the joint presence of quality and equity. Said another way, an Effective School is a school that can, in measured student achievement terms and reflective of its “learning for all” mission, demonstrate high overall levels of achievement and no gaps in the distribution of that achievement across major subsets of the student population.

Jadi sekolah unggulan itu adalah sekolah yang mampu membawa setiap siswa/peserta didik mencapai kemampuannya secara terukur dan mampu ditunjukkan prestasinya tersebut.

Untuk menjadikan sekolah itu berkualitas tentu ada faktor-faktor yang mesti di perhatikan dan tentunya dilaksanakan semaksimal mungkin agar sekolah menjadi sesuai dengan yang kita harapkan.Diantara faktor tersebut adalah sbb:

1. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Profesional dan berkualitas

Kepala Sekolah seharusnya memiliki pemahaman yang menonjol atau lebih dari para wakilnya atu bahkan guru,sebab seorang kepala sekolah yang kualitasnya dibawah para bawahannya akan membvuat dia tidak di hargai dan perintahnya cenderung tidak dituruti. Dari beberapa penelitian, tidak didapati sekolah yang maju namun dengan kepala sekolah yang bermutu rendah.

Penelitian Standfield, dkk (1987) selama 20 bulan di Sekolah Dasar Garvin Missouri dan Gibbon (1986) di sekolah-sekolah negeri di Ohio selama tahun ajaran 1982/1983, keduanya menemukan bahwa peran kepala sekolah yang efektif dan profesional mampu mengangkat nama sekolah mereka sehingga mampu memperbaiki prestasi akademik mereka.

2. Guru-guru yang tangguh dan profesional

Sebagai pendidik guru mempunyai peranan yang sangat penting,sebab guru merupakan ujung tombak kegiatan sebuah sekolah karena mereka (guru)berhadapan langsung dengan siswa sebagai peserta didik.Ibarat sebuah perusahaan Guru merupakan marketing yang langsung berhadapan dengan konsumen apabila penjelasan ia terhadap konsumen itu baik mungkin konsumen tersebut akan membeli barang yang ia tawarkan>guru yang berkualitas dan memiliki metode pengajaran yang baik tentu akan lebih mudah menyampaikan materi pelajaran terhadap siswanya.Guru yang profesional mampu mewujudkan harapan-harapan orang tua dan kepala sekolah dalam kegiatan sehari-hari di dalam kelas.

3. Memiliki Visi dan Misi yang jelas

Sebuah Visi merupakan rencana pencapaian di masa mendatang.sebuah Visi hendaknya lebih jelas dan spesifik agar dapat dilaksanakan oleh segenap elemen yang ada.Baik wakil kepala sekolah,guru,karyawan sekolah dan tentunya juga siswa.Sebagai contoh sebuah sekolah yang mempunyai visi agar semua siswanya mampu mengaplikasikan komputer(sebuah sekolah yang punya ciri bahwa sekolahnya adalah unggul di bidang komputer) tentu harus terus konsisten terhadap visi mereka.Visi yang jelas juga akan lebih memudahkan orang membedakan antara sekolah satu dengan yang lainnya,tapi tentunya sebuah visi bukan hanya sebuah mimpi yang sekedar untuk membuat citra yang baik.

Visi yang bagus hendaknya disertai dengan misi yang jelas pula,percuma sebuah visi apabila tidak di laksanakan atau tidak di implementasikan dengan baik.jadi visi dan misi harus jelas.

4. Lingkungan yang nyaman untuk pembelajaran

Lingkungan yang nyaman serta kondusif bukanlah hanya sekedar ruang belajar yang dilengkapi berbagai fasilitas kelas tinggi,namun yang lebih penting adalah suasana belajar mengajar yang membuat para peserta didik merasa nyaman dan betah serta proses kegiatan belajar meraka tidak terganggu,baik dengan suara yang bising dari mesin kendaraaan maupun ketidaknyamanan yang diakibatkan karena faktor internal sekolah.

5.Jaringan komunikasi/organisasi yang baik

komunikasi adalah hal yang paling penting dalam menciptakan sebuah keadaan menjadi baik,dengan komunikasi yang terjalin baik akan menghasilkan kondisi yang baik pula.Komunikasi tersebut meliputi antara kepala sekolah dengan para stafnya serta antara sekolah dengan orang tua siswa.Terlebih dengan sekarang diadakannya dewan sekolah yang terdiri dari para orang tua siswa diharapkan akan dapat menjadikan kualitas sebuah sekolah akan lebih meningkat.

6.Tes kemampuan secara berkala

Tes akademik sangat diperlukan untuk mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan suatu metode pembelaajran tercapai,disini juga akan terlihat berapa persen siswa yang mampu menyerap pelajaran yang disampaikan.Tes ini bukan sekedar tes/ulangan biasa,tapi lebih kepada upaya mengetahui sejauh mana tujuan telah tercapai.

7.Peran orang tua siswa yang aktif

Meskipun sekolah bertanggung jawab terhadap seorang siswa untuk mendapatkan ilmu yang baik,tapi peran keluarga sebagai the first education sangatlah penting,sebab sebuah pelajaran yang didapatkan seorang peserta didik akan lebih efektif apabila di lanjutkan dengan kegiatan positif dan membawa kondisi pelajar untuk terus mengingat pelajaran yang telah di ajarkan di sekolah.

0 KOMENTAR:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

   

About